Minggu, 23 Februari 2014

Upgrading Himakova 2014

Derasnya hujan dan dinginnya pagi tidak menyurutkan semangat para anggota Himakova untuk bersama-sama meng­-upgrade diri ke tingkatan yang lebih baik. Sabtu, (22/2) Pengurus Himakova periode 2013-2014 mengadakan kegiatan Upgrading yang bertemakan “Membangun Kepemimpinan dan Teamwork dalam Himakova yang Berasaskan Kekeluargaan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kuliah X 2.02, Fakultas Kehutanan IPB. Upgrading Himakova 2014 bertujuan untuk membangun jiwa kepemimpinan, serta memahami tugas masing-masing individu sebagai unsur dari Himakova sehingga setiap pengurus Himakova dapat memiliki kompeten yang baik dan bagus.
Kegiatan yang merupakan program kerja dari Biro Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) ini mengundang para pemateri yang luar biasa mereka adalah Bapak Ir. Haryanto R. Putro, MS (Dosen DKSHE, Fakultas Kehutanan IPB), Bang Reza Aulia Ahmadi S. Hut. (Ketua Himakova periode 2011-2012), dan David Kurniawan S.E. (Ketua Lawalata periode 2011-2012).
Acara dibuka oleh “Duo Rizki” sebagai MC pada pukul 08.00 WIB. Rizki Kurnia Tohir (KSHE 49) dan Rizki Amalia Adinda Putri (KSHE 49) membuka acara dengan sangat meriah, mengajak seluruh anggota Himakova yang berada di dalam ruangan menjadi penuh semangat dan sorak-sorai. Ruangan semakin bergemuruh ketika seisi ruangan kemudian menyanyikan Mars Rimbawan dan Hymne Konservasi untuk memicu semangat peserta dalam mengikuti kegiatan. Bapak Dr. Ir. Abdul Haris Mustari, MScF selaku Pembina Himakova memberikan kata sambutan kepada para peserta untuk menghibau pengurus Himakova 2013/2014 terus semangat dalam menjalankan seluruh kegiatan di Himakova.
            Agenda inti Upgrading Himakova 2014 adalah pemberian materi dan games. Pemberian materi yang mengangkat tema leadership  dimoderatori oleh Deki Andika Purbaya sebagai moderator dengan dua nara sumber. Materi pertama diberikan oleh Bapak Ir. Haryanto R. Putro, beberapa materi yang beliau sampaikan, yaitu : pengertian pemimpin, tipe-tipe pemimpinpemimpin (1. competence 2.low competence 3. some competence 4. high competence 5. High competence), dan pentingnya motivasi untuk mencapai suatu tujuan.  “Pemimpin selalu mampu memberdayakan (empowering), dari tidak mampu menjadi mampu” tegas beliau.
Foto Bapak Haryanto R. Putro(Kiri), Abdul Mukti (Tengah), dan Reza Aulia Ahmadi (Kanan) pada saat pemberian materi


             Materi kedua diberikan oleh Reza Aulia Ahmadi S. Hut, alumni DKSHE angkatan 46 yang menjabat sebagai Ketua Himakova Periode 2011-2012 memberikan beberapa materi, yaitu pentingnya komunikasi, saling menghormati, dan saling menghargai antara sesama anggota serta pentingnya manajemen yang dapat menentukan kinerja dari suatu organisasi. “Pemimpin itu penjual,
arti menjual ide / gagasan yang ada agar dapat diikuti oleh semua anggotanya” ujar Reza.
            Acara selanjutnya adalah hiburan, Nyanyian dari Nawang (KSHE 49) dan genjrengan gitar dari Iqbal (KSHE 49) membawa hanyut para peserta upgrading untuk bernyanyi dan tertawa bersama di sesi tersebut. Tidak kalah serunya dengan hiburan, acara selanjutnya adalah talkshow dan games yang dibawakan oleh David Kurniawan S.E.
            Diawali dengan pemutaran video, David melakukan penjelasan mengenai kerjasama dan pemimpin saat video diputar. “Dalam tim itu harus ada satu komando yang tidak lain ialah pemimpin” ujar David. Tidak hanya materi, David juga memberikan games yang membutuhkan kerjasama dan kepemimpinan di dalamnya. Tidak hanya para relawan yang bermain merasakan keseruan games tersebut, para peserta lain juga ikut berteriak dan tertawa melihat teman-temannya pusing dan gagal berkali-kali menjalankan games tersebut.
Foto David Kurniawan (kiri) saat memberikan materi dan suasan saat berlangsungnya games
          Acara terakhir adalah makan rujak bersama dengan diiringi akustikan oleh Alkori (KSHE 48) dan Iqbal (KSHE 49). “Syukurlah, seluruh peserta dapat berbaur dan berbahagia, tidak memandang umur, asal, dan angkatan. Acara upgrading ini diperuntukan juga sebagai sarana mempererat komunikasi antar pengurus Himakova saat ini” ujar Karim ketua Biro PSDM.
            Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga acara Upgrading Himakova 2014 ini dapat berjalan lancar, terutama kepada Pak Haris, Pak Haryanto, Bang Reza, dan Bang David yang telah memberikan pengalaman dan ilmu kepada para peserta.

Foto penyerahan penghargaan oleh ketua Himakova kepada moderator dan pemateri


1 komentar:

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top