Rabu, 12 Februari 2014

Bubut-Pacar Jambul (Clamator coromandus), pengembara musim dingin yang pemalu

Kampus IPB Darmaga merupakan kawasan yang memiliki beragam tipe habitat yang dapat mendukung kehidupan berbagai jenis satwaliar. Salah satu satwaliar yang memanfaatkan habitat di kawasan kampus IPB Darmaga adalah burung. Jenis burung yang memanfaatkan habitat kampus ternyata bukan hanya burung lokal, namun juga ada beberapa jenis burung migran yang tercatat memanfaatkan habitat di kampus (HIMAKOVA 2012). Burung migran adalah jenis-jenis burung yang melakukan migrasi (perpindahan) dari daerah lain baik lokal maupun global untuk beberapa waktu dengan tujuan tertentu.
Salah satu jenis migran yang tercatat di kawasan kampus adalah Bubut-pacar jambul (Clamator coromandus). Jenis burung pemakan serangga dari suku Cuculidae ini berbiak di India, Cina selatan dan Asia tenggara, bermigrasi ke beberapa wilayah di Indonesia (Sumatera, Kalmantan, Jawa, Sulawesi) pada musim dingin sekitar bulan Oktober-April (MacKinnon et al. 1998: Coates et al. 2000).
Pada monitoring burung kampus akhir Januari 2014, Kelompok Pemerhati Burung (KPB) ‘Perenjak’ HIMAKOVA IPB mencatat keberadaan jenis ini di sekitar daerah kebun percobaan Cikabayan. Penemuan ini bukan pertama kalinya karena beberapa catatan dari data series KPB Perenjak menunjukkan jenis ini pernah ditemukan di kampus yaitu sekitar daerah kebun belakang asrama putra, sekitar perumahan dosen dan kebun di pintu 2 IPB. Menurut MacKinnon et al. (1998) jenis burung ini pemalu dan menghuni vegetasi rendah di beberapa habitat seperti hutan semak, hutan mangrove, lahan pertanian dan pekarangan. Meskipun habitat di kampus IPB Darmaga sangat mendukung keberadaan jenis ini, namun catatan perjumpaan dengan jenis burung ini sangat sedikit yang mungkin disebabkan karena perilakunya yang pemalu dan sensitif dengan kehadiran manusia.
Saat ditemukan di Cikabayan, burung yang dalam bahasa Inggris disebut Chestnut-winged Cuckoo ini sedang terbang dan kemudian bertengger, karena mengetahui keberadaan pengamat burung ini hanya bertengger ± 3 detik kemudian terbang lagi dan masuk ke semak belukar. Beruntung pengamat berhasil mengambil gambar dari jenis burung pemalu ini. Burung ini lebih mudah dideteksi ketika sedang terbang karena ukurannya yang besar ± sekitar 45 cm (MacKinnon et al. 1998). Meskipun habitat yang dihuni dan perilakunya sama dengan kerabatnya yaitu Bubut alang-alang yang terdapat juga di kawasan kampus, namun ketika sedang terbang burung ini akan lebih mudah dikenali karena terdapat warna putih di bagian bawah perutnya yang sangat mencolok.


Gambar Bubut-pacar jambul (Clamator coromandus) yang ditemukan disekitar daerah Cikabayan kampus IPB Darmaga (Foto by Reza Aulia Ahmadi, 2014)

           Keberadaan jenis-jenis burung migran salah satunya seperti Bubut-pacar jambul di kawasan kampus IPB Darmaga menunjukkan bahwa kawasan kampus memiliki peran penting untuk konservasi burung, sehingga habitat yang beragam di kawasan kampus harus dijaga agar dapat tetap mendukung keberadaan jenis-jenis burung tersebut. Kampus IPB yang telah dicanangkan sebagai Biodiversity Campus sudah seharusnya dapat menjaga dan memberi manfaat nyata untuk keanekaragaman hayati didalamnnya. 

Reza Aulia Ahmadi
Anggota Kelompok Pemerhati Burung "Perenjak" HIMAKOVA IPB

2 komentar:

  1. Apa iya dddijakarta masih ada togel,hutang yg melilit paling ujungnya bunuh diri,...Yg sabar dah aku

    BalasHapus
  2. Asslamualaikum....
    saya hanya sebagai perantara untuk menyampaikan tentang dana ghaib diperoleh melalui media doa-doa dzikir khusus bersama anak-anak yatim/piatu dan muda/mudi pesantren sehingga jauh dari hal-hal klenik/mistik yang tentunya dilarang oleh Agama.
    PROGRAM PENARIKAN DANA GHOIB 1/2 HARI CAIR
    Tingkat 1 = Untuk Hasil 500 Juta
    Tingkat 2 = Untuk Hasil 1 Milyar
    Tingkat 3 = Untuk Hasil 2 Milyar
    Tingkat 4 = Untuk Hasil 3 Milyar
    Tingkat 5 = Untuk Hasil 4 Milyar
    Tingkat 6 = Untuk Hasil 5 Milyar
    Tingkat 7 = Untuk Hasil 6 Milyar
    Tingkat 8 = Untuk Hasil 7 Milyar
    insyallah akan sukses jika anda mau mengambil keputusan untuk mengikuti program ini. ingat bahwa kita yang menjalakan tapi allah yang akan menentukan hasilnya.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH AKAN BERHASIL, SAYA SENDIRI SUDAH BUKTIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL. JIKA ANDA BERMINAT SILAHKAN HUBUNGI AKI RAWANG KUSUMO DI 082393694699 Terima Kasih

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top