Minggu, 10 April 2011

Rafflesia 2011

Rafflesia 2011 Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan tema “Menguak Eksotika Biodiversitas Gunung Halimun Salak dalam Pemanfaatan Berkelanjutan oleh Masyarakat Padjadjaran”.

  1. A. Tentang Rafflesia 2011

Rafflesia (Eksplorasi Fauna, Flora dan Ekowisata Indonesia) merupakan kegiatan eksplorasi tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata (Himakova) , Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB. Kegiatan Rafflesia tahun 2011 dengan tema “Menguak Eksotika Biodiversitas Gunung Halimun Salak dalam Pemanfaatan Berkelanjutan oleh Masyarakat Padjadjaran” dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak khususnya wilayah gunung salak 1 dan Malasari pada tanggal 03 – 12 Februari 2011. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu wilayah Gunung Salak 1 (Eksplorasi fauna dan flora) dan Malasari (Ekowisata). Kegiatan yang menelan total dana sebesar Rp. 18.000.000 disponsori oleh Subdit Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Cinta Alam Departemen Kehutanan, Pemerintah Kota Bogor, dan Puslitbang Kehutanan.

Kegiatan Rafflesia tersebut sejalan dengan program pengelolaan TNGHS mengenai penggalian potensi keanekaragaman hayati di wilayah Gunung Salak 1 resort Gunung Bunder yang merupakan wilayah baru yang masuk dalam pengelolaan TNGHS. Tujuan utama kegiatan RAFFLESIA 2011 adalah untuk menghasilkan sebuah rekomendasi yang berkaitan dengan pengembangan dan pengelolaan kawasan termasuk pelestarian fungsi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebagai salah satu kawasan perlindungan dan pelestarian sistem penyangga kehidupan (life support system).

  1. B. Perjalanan Rafflesia 2011

Perjalanan kami menuju lokasi eksplorasi dimulai dengan berkumpulnya peserta Rafflesia 2011 di Dar Plaza Fahutan pukul 07.00 wib. Selanjutnya kami bersiap-siap dan menaikkan barang-barang keperluan KP dan pribadi keatas truk.


Sekitar pukul 08.00 kami pun berangkat menuju lokasi dengan dilepas oleh Pembina Himakova Bapak Dr. Ir. Abdul Haris Mustari dan mas Insan Kurnia, S.Hut. Perjalanan ke lokasi hanya ditempuh sekitar 1 jam perjalanan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi perkemahan yang terletak di HM 75, perjalanan menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Setelah dilokasi kami mulai mendirikan terpal bersama, dome dan melakukan persiapan lainnya. Pada hari kedua dilokasi, kami baru memulai segala aktivitas pengamatan dan eksplorasi sampai dengan hari terakhir.

Kondisi lapang pada saat kegiatan ini lumayan baik, hanya terkendala pada kabut dan hujan sehingga kerap mengganggu proses pengamatan serta eksplorasi. Tetapi semua kendala-kendala itu pada akhirnya dapat kami lewati dan dapat tetap melaksanakan kegiatran eksplorasi dan pengamatan dengan baik.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Eksplorasi keanekaragaman hayati difokuskan kepada mamalia, burung (aves), herpetofauna (reptil dan amfibi), dan kupu-kupu serta eksplorasi flora. Mengingat data mengenai fauna dan flora ini masih sangat kurang, jika dimungkinkan akan dijumpai jenis-jenis yang tidak dapat diidentifikasi, maka perlu dilakukan koleksi spesimen guna identifikasi lebih lanjut pada lembaga yang relevan. Seluruh kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan teknik konservasi secara ilmiah yang diterapkan di lapangan.
  2. Eksplorasi potensi ekowisata yang berbasiskan konservasi dan sosial budaya masyarakat.
  3. Wawancara dan diskusi serta ekplorasi sosial budaya dan ekonomi masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.
  4. Mengintegrasikan hasil setiap kelompok pemerhati sebagai suatu komponen ekosistem melalui analisa ilmiah serta berbagai diskusi untuk memperkaya wawasan mahasiswa sehingga mampu menganalisa masalah-masalah lingkungan.

Pada tanggal 12 Februari 2011, kami bersiap-siap kembali ke kampus dan mengemasi seluruh barang-barang bawaan serta melakukan pembersihan lokasi agar tidak meninggalkan satu sampah pun. Sekitar pukul 09.30 pagi kami turun dan menaiki truk kembali untuk kembali kekampus. Kami pun sampai kampus dengan selamat sekitar pukul 12 siang dan siap dengan segudang aktivitas menakjubkan lainya.


Kegiatan Rafflesia ini sangat berkesan bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, dengan dilapang kami dapat mengetahui kondisi alam TNGHS yang sangat indah, keanekaragaman hayatinya serta dapat menajdi momentum untuk dapat saling mengakrabkan diri antara keluarga Himakova

  1. C. Time Schedule Rafflesia 2011
No Nama Kegiatan Waktu Pelaksanaan
1 Penyusunan Proposal November – Desember 2010
2 Penyebaran Proposal Desember 2010 – Februari 2011
3 Pelaksanaan Kegiatan 03 – 12 Februari 2011
4 LPJ kegiatan 3 Maret 2011
5 Identifikasi Jenis ke LIPI Februari 2011
6 Laporan Hasil Kegiatan April 2011
7 Workshop Hasil Kegiatan November 2011

Salam Lestari,

Ketua Rafflesia 2011


1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat gan ^^
    ini dapat menambah pengetahuann saya mengenai Rafflesia
    http://melatifadla.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top