Senin, 18 Mei 2015

Fieldtrip Kelompok Pemerhati Ekowisata 2015

Fieldtrip Kelompok Pemerhati Ekowisata 2015
Di Curug seribu dan Gunung Pancar
(26 April 2015)

Kelompok Pemerhati Ekowisata ,Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, telah melaksanakan salahsatu program kerjanya yaitu kegiatan fieldtrip tahun  2015 yang dilaksanakan pada tanggal  26 April 2015 di Curug Seribu dan Gunung Pancar. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang anggota KPE angkatan 49 dan 50.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan mengenai pengembangan ekowisata dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya anggota Kelompok Pemerhati Ekowisata “Tapak” HIMAKOVA kepengurusan periode 2014-2015. Kegiatan fieldtrip ini bertemakan “Menjelajahi tempat ekowisata yang ada di daerah Bogor”.Pada awalanya kegiatan fieldtrip ini direncanakan akan mengunjungi tiga lokasi fieldtrip  yaitu Cikaniki, Gunung Pancar dan Curug Seribu. Namun sebelum pemberangkatan anggota KPE yang bisa mengikuti kegiatan hanya sedikit yaitu 14 orang dari 28 orang anggota  sehingga hanya dibagi menjadi dua kelompok dan hanya dua lokasi yang dikunjungi yaitu Curug Seribu dan Gunung Pancar.
Kegiatan ini dilakukan dengan kumpul di sekitar kampus dan pemberangkatan dari kampus menuju lokasi filedtrip. Sebelumnya dibagi menjadi dua kelompok sesuai lokasi kelompok pertama yaitu ke Curug Seribu dan kelompok dua ke Gunung Pancar. Setelah sampai di lokasi peserta langsung mengambil data mengenai tempat wisata tersebut seperti objek wisata, pemetaan digital, infrastruktur serta melakukan wawancara kepada pengelola dan pengunjung. Kegiatan pengambilan data ini sama di kedua lokasi fieldtrip.
Untuk menuju objek wisata curug seribu pengunjung harus berjalan sejauh 1200 meter atau 1,2 km dari pintu masuk dengan melewati jalan setapak dan berbatu serta topografi yang curam. Sehingga potensi hazard cukup tinggi apalagi ketika hujan, jalan menjadi licin. Sedangkan untuk menuju gunung pancar aksesibilitas menuju kawasan ini tidak terlalu sulit karena jalan bisa dilalui oleh kendaraan dan potensi hazard tidak terlalu tinggi. Objek wisata yang ada di gunung pancar diantaranya tegakan pinus, camping grounKegiatan fieldtrip ini berjalan dengan lancar dan peserta kembali dengan selamat.

Curug seribu



Gunung Pancar






1 komentar:

  1. explore indonesia...banyak manfaat bagi wisata,pengolahan sumber daya alam dan konservasi alam,kunjungi kami juga di

    http://www.sinasinu.com
    http://www.ropeaccessindonesia.com
    http://www.outbounddibatu.com

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top