Minggu, 30 November 2014

Press Release “Perawatan Pohon dalam rangka Hari Kehutanan dan Air Dunia (HKAD) 2014 “ oleh Himakova


Perawatan pohon merupakan suatu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kehutanan Sedunia dan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 21 dan 22 Maret, yang dilaksanakan dua kali pada tanggal 30 Maret  di beberapa titik jalan Kampus IPB Dramaga Bogor dan 6 April 2014 di Taman Konservasi. Kegiatan ini merupakan program kerja insidental dari Biro Sosial Lingkungan Himakova Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor yang diikuti oleh anggota Himakova kepengurusan 2013/2014.
Kegiatan ini memulai start-nya pukul 08.00 WIB di sepanjang Jalan Ulin, Fakultas Kehutanan IPB. Perawatan pohon yang dilakukan meliputi penyiangan, pendangiran dan pemupukan. Jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan nama jalan, misalnya pohon ulin (Eusideroxylon zwageri) ditanam di Jalan Ulin. Terdapat beberapa pohon yang mati dan terpotong akibat pembersihan gulma di sekitar pohon yang ditanam tersebut. Kondisi pohon yang lain tampak sehat dan tumbuh normal. Selanjutnya dilakukan pula perawatan feeding site kupu-kupu yang berada di dekat Gedung Seafast.
Perawatan dilanjutkan di Jalan Agathis yang memanjang dari depan GOR sampai Gedung Fakultas Kedokteran Hewan (FKH). Kondisi pohon sehat dan tumbuh normal. Akan tetapi, terdapat banyak sampah plastik yang menumpuk di sekitar pohon sehingga mengurangi keindahan. Selama melakukan perawatan pohon agathis (Agathis dammara), kami mendapat tambahan satu personel yaitu Mahasiswa S2 KVT yang kebetulan juga lulusan KSHE Angkatan 38. Selanjutnya kami trackback dan menuju Jalan Tanjung untuk melanjutkan kegiatan perawatan pohon tanjung (Mimusops elengi) di depan Poliklinik sampai Perempatan menuju Asrama Putra TPB. Kondisi pohon sehat dan normal meskipun dinaungi pepohonan berukuran besar seperti matoa (Pometia pinnata) dan trembesi (Samanea saman).
Lokasi terakhir adalah Jalan Pinus di depan Red Corner sampai depan Asrama Putra TPB. Jumlah pohon tidak terlalu banyak sehingga tidak memakan waktu yang lama. Pada saat membersihkan tempat penanaman pohon pinus (Pinus merkusii), kami melihat seekor biawak (Varanus salvator) menyeberangi jalan menuju tegakan pinus di depan Asrama Putra dan berhenti sejenak untuk basking. Tak lupa kami mengabadikan momen perjumpaan dengan biawak tersebut.

Kegiatan hari itu berakhir pukul 11.30 WIB di Red Corner. Kami beristirahat sejenak untuk menghilangkan peluh yang memenuhi badan sekaligus penutupan kegiatan. Kegiatan kedua dilaksanakan tanggal 6 April 2014 di Taman Konservasi belakang Kompeks Gymnasium. Tujuan kegiatan ini adalah merawat Taman Konservasi sekaligus membagikan publikasi lomba paper dan fotografi Kambio 2014. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00–10.30 WIB meliputi penyiangan, pendangiran dan pemupukan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pembagian brosur publikasi lomba Kambio 2014 di Pertigaan GWW dan Pintu Utama IPB. Sasaran publikasi ini adalah mahasiswa IPB dan masyarakat umum yang beraktivitas di Kampus IPB saat weekend. Kegiatan perawatan pohon ini diharapkan mampu meningkatkan rasa peduli masyarakat umum terhadap lingkungan hidup terutama hutan dan air yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. 







0 comments:

Posting Komentar

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top