Rabu, 07 Mei 2014

FIELDTRIP KPH “PYTHON” DI TAMAN REPTILIA TMII


Kegiatan fieldtrip adalah salah satu kegiatan tahunan Kelompok Pemerhati Herpetofauna (KPH “Python”). untuk memberikan pengetahuan tentang kegiatan pelestarian satwa liar khususnya Reptil dari segala aspek yang berkaitan dengan penangkaran. Dengan kegiatan ini diharapkan anggota KPH dapat mengetahui berbagai macam spesies serta kondisi dan permasalahannya. Selain itu diharapkan bisa memberikan motivasi untuk lebih menekuni bidang herpetofauna dan menyumbangkan tenaga dan pemikiran bagi pengembangan herpetofauna Indonesia. Untuk tahun 2014 ini, kegiatan fieldtrip dilakukan di Taman Reptil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan diikuti anggota KPH berjumlah 12 orang.
Fieldtrip Penangkaran  Reptil Ke Penangkaran reptil di  Taman Mini Indonesia 2014 ini bertujuan untuk :
  1. Memperkenalkan kegiatan pelestarian satwaliar terutama reptil di penangkaran Reptil di Penangkaran Taman Mini Indonesia 2014
  2. Memperluas pemahaman tentang pengelolaan reptil.
  3. Melatih mahasiswa berpikir kritis dan analitis mengenai permasalahan penangkaran reptil.
  4. Meningkatkan pertukaran informasi antara pemerhati dan ahli reptil.
  5. Menambah motivasi mahasiswa untuk lebih menekuni bidang herpetofauna, serta menyumbangkan tenagadan pemikiran bagi pengembangan herpetofauna Indonesia, dan
  6. Melihat profesi herpetologist di lapang.
  7. Mempererat hubungan diantara anggota KPH dengan Calon anggota KPH

Kegiatan fieldtrip ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 April 2014. Peserta fieldtrip di depan Bank BNI Dramaga dan berangkat pukul 07.00. Peserta fieldtrip berangkat dengan menggunakan angkutan umum dan tiba di TMII pada pukul 09.00 wib dan langsung masuk menuju Taman Reptil yang berjarak 20 menit dari gerbang. Untuk masuk ke taman reptil tersebut dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,00 per orang, uang tersebut digunakan untuk pengelolaan satwa yang ada.
Sebelum melakukan kegiatan fieldtrip para anggota melakukan briefing terlebih dahulu mengenai apa saja yang harus dilakukan. Kegiatan dimulai dengan mengamati dari bagian sebelah kiri taman terlebih dahulu. Di dalam taman reptil tersebut terdapat jenis-jenis ular, kadal, buaya muara, buaya sinyulong, kura-kura, kadal, bunglon, katak, labi-labi, dan juga komodo yang merupakan salah satu jenis satwa purbakala yang masih bisa kita lihat saat ini. Satwa disana dimasukkan di dalam kandang display yang terbuat dari dinding kaca, seperti ular, bunglon, dan kadal. Selain itu juga ada kandang yang di buat sedemikian rupa menyerupai habitat alami satwanya deengan adanya pohon dan kolam air, jenis yang dikandangkan seperti buaya, kura-kura, labi-labi dan komodo. Ukuran kandang banyak yang tidak sesuai dengan besarnya tubuh satwa sehingga gerak satwa tersebut terbatas dan juga satwa jarang terkena sinar matahari, padahal jenis-jenis reptil biasanya berjemur pada pagi hari untuk menghangatkan tubuhnya.
Kebetulan pada saat kegiatan fieldtrip dilaksanakan satwa-satwa tersebut ada yang sedang diberi pakan, yaitu jenis kura-kura dan labi-labi yang diberi buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Disana juga terdapat taman sentuh yang berfungsi untuk melayani jasa foto dengan reptil seperti ular. Untuk berfoto dengan reptil pengunjung harus membayar sebesar Rp 10.000,00.
Selain jenis-jenis raptil asal Indonesia, disana juga terdapat jenis-jenis reptil yang berasal dari luar Indonesia seperti jenis Iguana, kura-kura Brazil. Kebanyakan jenis-jenis yang ada juga dilindungi seperti jenis-jenis phiton, buaya sinyulong / buaya mulut sempit. Setelah melihat-lihat jenis reptil yang ada di luar, kami melanjutkan masuk bagian dalam taman reptil. Di dalam ruangan yang didesain seperti bentuk komodo tersebut merupakan museum awetan beragam jenis satwa mulai dari jenis reptil, mamalia, dan hewan laut yang terdapat di lantai dasar serta di bagian lantai dua terdapat awetan satwa burung dari timur hingga barat dan burung dari yang hidup dipegunungan sampai laut.
Setelah mengelilingi museum para peserta fieldtrip kembali melihat-lihat reptil. Setiap satwa yang ada di sana kami dokumentasikan baik dari kondisi lingkungan tamannya,pakan, kandang, satwanya serta deskripsi satwa tersebut seperti habitat di alam, persebarannya, nama latin, nama bahasa Inggris, nama Indonesia dan ciri-cirinya.
Setelah selesai mengelilingi dan melihat-lihat satwa sekitar pukul 11.30 peserta fieldtrip memutuskan untuk meninggalkan taman reptile ditutup dengan dokumentasi para peserta fieldtrip di depan museum, acara dilanjutkan dengan ISHOMA dimana selain bertujuan untuk mencari ilmu dan pengalaman kegiatan seperti ini juga berfungsi sebagai pengerat hubungan kekeluargaan antara anggota KPH. Para peserta fieldtrip sampai di Bogor pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB. 











1 komentar:

  1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top