Jumat, 29 November 2013

Banyak Pohon Banyak Pahala






“Ada 62 bibit pohon Meranti, 52 bibit pohon Agathis, dan 14 bibit pohon Pinus yang ditanam sesuai dengan nama jalannya....”

Bogor (28/11)—Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa tanggal 28 November adalah Hari Menanam Pohon. Sesuai dengan Keputusan Presiden RI No. 24 Tahun 2008, yaitu tentang penetapannya tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Untuk memperingati momen tersebut, meningkatkan kecintaan menanam, serta mewadahi mahasiswa IPB yang ingin memperingati momen tersebut, sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan IPB, mengadakan acara “Pohon Untuk IPB”.

Acara tersebut terbuka untuk seluruh civitas akademika IPB. Dimulai pada pukul 16.00-17.45 WIB, dengan meeting point di Masjid Al-Hurriyah. Penanaman bibit pohon dilakukan sepanjang Jalan Agathis, Jalan Pinus, dan Jalan Meranti. Untuk menuju spot-spot penanaman, khususnya Jl. Agathis yang berlokasi paling jauh dari meeting point peserta diantar dengan menaiki mobil wisata IPB. Pohon yang ditanam disesuaikan dengan nama jalannya. Kegiatan ini termasuk dalam program kerja Biro Sosial dan Lingkungan Himakova, yang bernama Green Street.



“Kegiatan ini bertujuan untuk menanam kembali pohon-pohon sesuai dengan nama jalan yang ada di Kampus IPB Dramaga.” kata Rahmi Nur Khairiah (21), salah satu anggota Himakova, disela-sela penanaman yang ikut melakukan penanaman pohon di Jalan Meranti.

“Ada 62 bibit pohon Meranti, 52 bibit pohon Agathis, dan 14 bibit pohon Pinus yang ditanam sesuai dengan nama jalannya. Kegiatan ini dari IPB untuk IPB.” Kata Bangkit Maulana, Ketua Biro Sosial dan Lingkungan Himakova.


Selain dari anggota Himakova dan para penghuni asrama TPB IPB, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa IPB, baik yang mendaftar terlebih dahulu maupun yang mengikuti kegiatan tersebut saat tidak sengaja melewati jalan-jalan yang dilakukan penanaman. Bahkan, ada beberapa mahasiswa yang saat itu melakukan lari sore, sengaja berhenti untuk mengikuti penanaman. Adapula club skate board yang biasa melakukan latihan di Jl. Meranti, juga menyempatkan untuk mengikuti penanaman. Bahkan yang unik, mereka menggunakan papan skate board mereka seperti menggunakan sekop.




“Acaranya keren banget, tadinya mau jogging keliling kampus, tiba-tiba diajakin anak-anak Himakova buat nanam pohon di jalan Agathis. Sambil olahraga, sambil idadah.” Kata Evi (19), calon anggota Azimuth, Mapala Departemen Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian IPB, yang menyempatkan ikut penanaman pohon saat dia dan beberapa teman-temannya melakukan lari sore untuk latihan fisik.

Setelah selesai melakukan penanaman, peserta kembali lagi ke Masjid Alhurriyah untuk penutupan acara dan penutupan. Selain mendapatkan pengalaman baru, peserta juga mendapatkakn teh botol dingin dan sticker gratis.


2 komentar:

  1. hijaukan pertanian indonesia :D
    sangat sangat berterimakasih atas tindakan nyata demi mewujudkan indonesia lebih hijau mulai dari keciil daerah IPB. meskipun banyak pohon yang di tebang juga tanpa ada reboisasi jangka panjang, tapi bibit-bibit yang di tanam ini pasti akan bermanfaat besar nantinya :D semangat!
    jangan lupa kunjungi blog ku juga yaah XDD

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top