Senin, 22 April 2013

ULAR KOBRA SEPANJANG 1,5 METER DITEMUKAN DI ARBORETUM LANSEKAP IPB



Seekor ular Kobra Jawa (Naja sputatrix) berhasil ditemukan oleh Syahru Ramdhoni pada saat melakukan pengamatan di Arboretum landskap pada 17 maret 2013. Syahru Ramdhoni adalah seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor dari Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE) yang tergabung dalam kelompok pemerhati herpetofauna dari himpunan profesi Himakova. Ular Kobra merupakan salah satu jenis ular yang sangat berbahaya karena memiliki bisa tinggi yang dapat dengan mudah membunuh manusia. Umumnya jika merasa terancam ular ini akan mengembangkan bagian lehernya dan berusaha menakuti musunya, namun jika tidak berhasil maka ia akan menyemburkan bisanya pada bagian mata dari predator atau manusia yang mengusiknya sebagai bentuk pertahanan diri. Jika bisa tersebut mengenai mata maka dapat menimbulkan kebutaan permanen.

 

Syahru Ramdhoni mengatakan, bahwa sebenarnya ular itu ditemukan secara tidak sengaja. Ramdhoni saat itu sebagai anggota Kelompok Pemerhati Herpetofauna(KPH) diminta untuk menjadi asisten Praktikum dalam pengamatan malam di kampus IPB Dramaga. “pada waktu itu saya mendapat tempat di Arboretum Lanskap” ujar Ramdhoni.

Ramdhoni menjelaskan, ular tersebut ditemukan di bawah sebuah pohon yang berada dipinggir jalan raya tepatnya di depan Gladiator (Taman Rektorat).”awalnya saya pikir itu adalah ular koros(Ptyas koros) ” kata Ramdhoni. Setelah dilakukan identifikasi dengan melihat sisiknya diyakinkan bahwa ular tersebut merupakan ular Kobra. Saat ditemukan ular tersebut berada ditanah dekat pepohonan dan ketika akan ditangkap ular tersebut berusaha bersembunyi dengan memasuki perakaran pohon.

“Saya terkejut dengan ditemukannya ular kobra ditempat ini” kata Ramdhoni. Arboretum Lanskap merupakan salah satu tempat yang sering digunakan mahasiswa sebagai tempat praktikum, selain itu dalam beberapa tahun ini belum pernah ada data yang menginformasikan bahwa di area ini pernah ditemukan Ular Kobra. Ular kobra memang diketahui ada di kampus IPB Dramaga, namun umumnya ditemukan di tempat-tempat yang jauh dari aktivitas manusia seperti di kawasan Cikabayan.

 

 
 
 
 
 
 
 
Ular Kobra pernah ditemukan namun di sekitar areal cikabayan dan kondisinya pun masih juvenile/muda, sedangkan Ular Kobra yang ditemukan di Arboretum Lanskap sudah adult/dewasa, “panjangnya hampir 1,5 meter” kata Ramdhoni. Dengan ditemukannya ular Kobra di Arboretum Lanskap diharapkan mahasiswa maupun masyarakat dapat lebih berhati-hati saat melakukan aktifitas di kawasan kampus terutama areal terbuka.

Oleh: Nur Dyah Ayu Novita

2 komentar:

  1. assalamualaikum teman dari himakova..
    gue vivian dari ARL 47..
    sebelumnya makasi bgt uda ng'publish informasi yang sangat penting ini..
    dan gue mau izin share artikel ini untuk informasi buat temen2 yang sering praktikum di Arboretum ARL ya.. makasi :)

    BalasHapus
  2. assalamualaikum teman dari himakova..
    gue vivian dari ARL 47..
    sebelumnya makasi bgt uda ng'publish informasi yang sangat penting ini..
    dan gue mau izin share artikel ini untuk informasi buat temen2 yang sering praktikum di Arboretum ARL ya.. makasi :)

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top