Rabu, 23 Januari 2013

Pelepasan Rafflesia 2013


 Korelasi Biodiversitas Kawasan Cagar Alam Bojonglarang Jayanti dengan Sosial Masyarakat Sekitar Kawasan”

RAFFLESIA (Eksplorasi Fauna, Flora dan Ekowisata Indonesia) merupakan kegiatan ekspedisi tahunan yang ritun diadakan sejak tahun 2007. Rafflesia 2013 ini merupakan Rafflesia ke-7 yang dilaksanakan Himakova. Rafflesia 2013 dilaksanakan pada 23 Januari – 01 Februari  2013. kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari 92 orang mahasiswa DKSHE IPB, dua orang Pembina dari DKSHE IPB, dan enam orang staf lapang CA Bojonglarang Jayanti. Kegiatan  ini mempunyai beberapa tujuan, yang pertama untuk menghasilkan data dan informasi terbaru mengenai keanekaragaman, penyebaran, dan kelimpahan jenis fauna meliputi mamalia, burung (aves), herpetofauna (reptil dan amfibi), dan kupu-kupu serta peranannya dalam kawasan ekosistem CA Bojonglarang Jayanti. Menghasilkan data dan informasi terbaru mengenai keanekaragaman flora di kawasan ekosistem CA Bojonglarang Jayanti. Lalu, untuk menghasilkan data dan informasi mengenai potensi objek dan daya tarik wisata di kawasan Pantai Jayanti. Untuk mengahsilkan data dan informasi mengenai Goa di Kawasan CA Bojonglarang Jayanti, dan yang terakhir untuk menggali informasi mengenai pandangan / sikap serta harapan masyarakat sekitar kawasan CA Bojonglarang Jayanti yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan CA Bojonglarang Jayanti dan pengelolaan kegiatan ekowisata di kawasan  sekitar kawasan CA Bojonglarang Jayanti dan Pantai Jayanti.
 


Menurut Adlan Yusran, selaku Ketua Himakova 2012/1013, “Kegiatan ini mempunyai dua keuntungan bagi Himakova. Secara internal, menguatkan kebersamaan di lapangan dan meningkatkan skill dalam pencarian dan penyajian data. Lalu secara eksternal Himakova sebagai leader pada aksi konservasi di Indonesia, contohnya dengan pencarian data biodiversitas yang ada di Kawasan Konservasi di Indonesia.”
 
Pelepasan Rafflesia 2013 dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2013 pkl. 9.00-10.15 di Balairung Fakultas Kehutanan IPB. Acara ini, selain dihadiri oleh para anggota yang akan melakukan ekspedisi juga dihadiri oleh senior, alumni, dan beberapa dosen DKSHE.

lihat juga di:
http://antarabogor.com/index.php/detail/3988/Himakova-IPB-Laksanakan-Ekspedisi-Raflesia-Ke-7#.UP8kyyaFbIU

http://www.ciputranews.com/ibu-kota-daerah/himakova-ipb-laksanakan-ekspedisi-raflesia-ke-7


0 comments:

Posting Komentar

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top