Senin, 31 Agustus 2015

Hari Konservasi Alam Nasional 10 Agustus 2015

Hari Konservasi Alam Nasional 10 Agustus 2015

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2015. Indonesia memperingati hari tersebut sebagai Hari Konservasi Alam Nasional. Penentuan peringatan ini didasari perlunya kesadaran dan peringatan secara terus menerus mengenai lingkungan hidup kita. Tapi apakah itu konservasi? Apakah kita sudah betul-betul paham makna dari konservasi?

Secara harfiah : conservation : con (together) + servare (keep/save).  Conservation means keep or save  what we have
Definisi lainnya yaitu Pengelolaan sumberdaya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman hayati dan nilainya (UU No. 5 Tahun 1990).

Sesuai dengan bidang studi kami anggota Himakova yang mengenyam bangku perkuliahan di Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, kami mendapat pemahaman mendalam mengenai arti konservasi. Konservasi memiliki tiga prinsip utama yaitu 1) perlindungan sistem penyangga kehidupan, 2) pengawetan keanekaragaman genetik, 3) pemanfaatan yang berkelanjutan. Mari kita tilik satu persatu

1. Perlindungan sistem penyangga kehidupan



Alam merupakan tempat kita tinggal dan menggantungkan hidup. Bahkan tuhan telah lebih dulu menciptakan bumi sebelum manusia diturunkan ke atasnya. Tanpa manusia, alam tak akan terpengaruh apa apa, tapi tanpa alam manusia tak bisa apa apa. Dengan menggunakan pandangan luas, alam tidak membutuhkan manusia, manusia lah yang membutuhkan alam.

Apa yang kita butuhkan dari alam? Seharusnya pertanyaan bodoh seperti itu tidak pernah ada. Karena jelas sekali ketergantungan hidup manusia kepada alam. Dapatkah kita bayangkan manusia tanpa air, udara dan tanah? Bahkan untuk melontarkan pertanyaan bodoh itupun kita perlu udara untuk bernafas melafalkannya.

Hutan yang menjadi bagian dari alam, memiliki andil penuh dalam menjaga kestabilan stok karbon, oksigen, dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Sebuah desa dari suku Baduy contohnya, mampu hidup ratusan tahun hanya dengan menggantungkan hidup dari hasil hutan disekitarnya. Mampu menghirup udara segar setiap harinya. Mampu meminum air bersih. Seperti menjadi hadiah bagi mereka yang mampu menjaga kondisi alam.

2. Pengawetan keanekaragaman genetik



Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, manfaat alam dari sisi ekosistem. Alam tidak sesempit itu. Kita memiliki jutaan bahkan ratusan juta spesies flora fauna di muka bumi. Apakah semua itu hanya tercipta begitu saja? Tanpa ada manfaatnya?

Tidak ada makhluk hidup yang diciptakan tanpa ada manfaatnya. Kalaupun ada, mungkin itu manusia. Sekecil-kecilnya makhluk hidup, pasti memiliki fungsi ekologis. Bahkan semut mampu memberi ruang pada tanah sehingga menjaga oksigen dalam tanah. Hasil dari sebuah penelitian mengatakan bahwa setiap makhluk hidup dapat menghasilkan karbon. Sedangkan dunia kini tengah disibukkan dengan perundingan mengenai stok karbon dunia.

Sekilas terdengar sepele ketika seseorang mengatakan, kita harus menjaga keberadaan spesies spesies yang masih kita miliki. Sempat muncul keegoisan manusia dengan membingungkan sebenarnya apa manfaat yang terasa dari spesies spesies ini. Memang tidak terasa secara langsung, tapi bila kita pikirkan ada alasan logis kenapa kita harus melestarikan keanekaragaman genetik dari spesies spesies di bumi. Mari kita rubah pola pikir kita. Bila bumi bukan manusia pemimpinnya. Bila manusia hanya penghuni hutan biasa. Sudikah kita dibunuh hanya karena alasan tak ada manfaatnya manusia di bumi. 

3. Pemanfaatan secara lestari



Manusia diizinkan untuk memanfaatkan potensi dibumi untuk sepenuhnya kebutuhan manusia, bukan keinginan manusia. Mahatma Gandhi, seorang filsuf pernah berkata “Dunia dan isinya mampu memenuhi kebutuhan manusia, tapi tidak untuk keserakahan manusia”. Perlu adanya penekanan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Alam memang dapat tumbuh kembali, tapi apakah kecepatan pertumbuhan sama dengan kecepatan kita menghancurkan? Faktanya, menurut sebuah penelitian, seluas 10 lapangan bola hutan kalimantan rata dengan tanah. Mampukah kita menumbuhkan hutan seluas itu dalam waktu sehari?

Apakah manfaat hutan hanya kayu saja? Apakah manfaat hutan hanya dari bisnis penebangan saja? Getah damar, gondorukem, jernang, dan lainnya. Setidaknya ada 10 hasil hutan non kayu yang pernah dirilis dephut.go.id. belum lagi potensi ekowisata, penjualan karbon, dan masih banyak lagi sektor kehutanan non kayu yang dapat dimanfaatkan. Hutan adalah ladang kayu adalah pemikiran kuno, manusia dengan berbekal pola pikirnya dirasa mampu menjawab problem ini.


Dan itulah sedikit pemahaman mengenai kata konservasi yang selalu didengung dengungkan oleh mahasiswa, peneliti, dan LSM pro-lingkungan. Siapapun kita, apapun latar belakang kita, selama kita manusia kita masih tergantung pada alam. Silahkan hancurkan, kalau kita sudah yakin tak lagi butuh oksigen untuk bernapas, air untuk kehidupan, dan tanah untuk berpijak. (Himakova)

2 komentar:

  1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

    BalasHapus
  2. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top