Minggu, 30 November 2014

Pendidikan dan Pelatihan Dasar KPH “Python” HIMAKOVA 2013/2014


Kelompok Pemerhati Herpetofauna (KPH) yang berada di dalam naungan Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE) Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor yang bergerak di bidang fauna khususnya herpetofauna (Reptil dan Amfibi). Banyak kegiatan KPH yang telah dilakukan seperti observasi kampus maupun luar kampus dalam upaya pelestarian herpetofauna. Selain observasi, banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan herpetofauna sehingga diperlukan banyak sumberdaya manusia secara kualitas dan kuantitas.

Selayaknya organisasi maka diperlukan regenerasi sehingga organisasi tersebut tetap bertahan. Kegiatan regenerasi tersebut diharapkan tidak sebatas untuk mendapatkan anggota baru, tetapi harus dilakukan pembinaan dan pelatihan (DIKLAT) dengan membekali penerus untuk mengerti dan siap menjalankan tugas mulia yang dicita-citakan bersama dalam bidang ilmu herpetofauna.
Sasaran kegiatan diklat ini adalah calon anggota KPH berjumlah 19 orang, diklat ini dilaksanakan pada bulan Desember 2013 hingga Januari 2014 di Kampus IPB Darmaga dengan kegiatan puncak di luar kampus IPB Darmaga. Kegiatan Pembukaan Diklat dimulai pada tanggal 13 Desember pukul 16.00 WIB di Rkx 305 dengan agenda wawancara anggota baru yang dimulai dan dibuka langsung oleh Pembina KPH yaitu  Ibu Mirza D. Kusrini. Pembina KPH memberikan sambutan serta sedikit ulasan materi yang nantinya akan diterima oleh para peserta diklat. Beliau juga menyampaikan pesan untuk tetap belajar dan berusaha sebaik-baiknya untuk mengembangkan bidang keilmuan herpetofauna. Peserta dan senior serta Pembina memperkenalkan  diri yang dimaksudkan sebagai perkenalan awal penerimaan calon anggota KPH.
Tanggal 22 Desember di Rkx 303 dengan agenda kuliah pembekalan tentang herpetofauna. Materi yang diberikan ada dua, yang pertama teknik identifikasi reptil oleh Arief Tajjali sebagai senior KPH. Materi kedua yaitu pengenalan amfibi dan teknik identifikasinya oleh Irfan sebagai senior KPH. Kemudian dilakukan  teknik identifikasi amfibi/reptil dan aplikasi identifikasinya dengan menggunakan preparat awetan reptil dan kunci identifikasinya dipandu oleh panitia dan senior.
Pada hari sabtu tanggal 28 Desember 2013 dilakukan pelatihan renang yang bertempat di kolam renang Babakan Lio. Kegiatan ini berupa simulasi penyeberangan sungai dengan membawa peralatan carier dan kertas sebagai data. Simulasi penyeberangan melintasi sungai menggunakan tali sebagai pegangan. Penyeberangan dilakukan dengan tujuan untuk melatih keterampilan peserta jika selama pengamatan lapang terdapat sungai yang harus dilewati dalam pengamatan.
Hari senin tanggal 30 Desember 2013 dilakukan pelatihan pengamatan dan teknik fotografi herpetofauan dengan waktu selama dua jam. Setelah pengamatan herpetofauna berakhir, dilanjutkan dengan indentifikasi di bawah tangga perpustakaan KSHE. Kegiatan identifikasi dilakukan dengan menerapkan materi kuliah identifikasi dan fotografi dengan objek herpetofauna yang telah ditangkap pada kegiatan pengamatan.
Kegiatan selanjutnya yaitu teknik pengawetan spesies (preservasi) yang dilakukan pada tanggal 31 Desember 2013 di RKX. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih calon anggota KPH agar bisa mengawatkan jenis herpetofauna. Salah satu fungsi dilakukannya pengawatan atau preservasi ini yaitu apabila pada saat melakukan pengamatan tidak diketahui jenis yang ditemukan maka jenis tersebut dapat di preservasi untuk dibawa ke laboratorium untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.
Pada tanggal 18 hingga tanggal 19 Januari 2014 dilakukan kegiatan puncak diklat yang merupakan intisari dan pendalaman materi diklat secara lebih lanjut. Kegiatan puncak diklat ini berlokasi di Arca Domas. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta dan 6 orang panitia beserta senior KPh lainnya. Kegiatan dimulai dengan persiapan pemberangktan dari departemen KSHE, setibanya di Arca Domas diawali dengan membangun tenda. Setelah itu dilakukan analisis habitat di sungai yang akan dilakukan pengamatan herpetofauna pada malam harinya. Selesai melakukan analisis habitat, semua peseta diklat, panitia dan senior KPH istirahat dan makan. Pada pukul 19.00 WIB dilakukan pengamatan herpetofauna di sungai dengan panjang 400 meter. Selesai pengamatan peserta melakukan diskusi mengenai pengalaman ataupun segala keilmuan tentang herpetofauna. Pada pagi harinya tanggal 19 Januari 2014, setelah sarapan dilakukan kegiatan identifikasi herpetofauna hasil pengamatan, fotografi herpetofauna, dan pengawetan herpetofauna.

Setelah semua kegiatan dilaksanakan, peserta berkumpul untuk dilakukan pengarahan oleh panitia dan senio. Karena beberapa syarat kelulusan belum terpenuhi, maka peserta belum bisa dilantik saat itu juga. Maka diberikan syarat lulus untuk peserta diklat, yaitu peserta harus melakukan ekspedisi mandiri. Peserta yang bisa mengikuti ekspedisi yaitu hanya 15 orang, hal ini dikarenakan 3 orang peserta diklat tidak lulus karena tidak mencukupi syarat kelulusan diklat KPH. Kegiatan ekpedisi sendiri telah dilakukan pada tanggal 2,3 dan 4 April 2014 dengan jumlah peserta diklat yang lulus sebnayak 14 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Satu dari peserta diklat tidak lulus karena peserta diklat tersebut mengundurkan diri dari kegiatan KPH.

1 komentar:

  1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top