Senin, 11 November 2013

Air Terjun Ciparay



Wisata Air Panas Ciparay adalah salah satu wisata yang berlokasi di kaki Gunung Salak Endah, Taman nasional Gunung Halimun Salak Kabupaten Bogor. Kawasan wisata ini memiliki kolam pemandian air panas  dan pancuran yang dikelilingi keindahan alam pegunungan Halimun-Salak. Di tempat ini, para wisatawan juga dapat menikmati mandi dengan air panas alami di sungai. Selain pemandian air panas, adapun fasilitas lain yang terdapat di kawasan wisata ini ialah warung yang menyediakan makanan dan jajanan, tempat penginapan berupa vila, dan saung-saung untuk bersantai bersama teman dan keluarga.


Pengunjung yang datang mengunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dikenakan tiket masuk seharga Rp 2.500 per-pengunjung , dan menuju tempat Wisata Air Panas Ciparay ini pengunjung membayar tiket kembali seharga Rp 5000. Harga tiket ini berlaku dari Senin sampai Minggu. Namun, sayangnya pihak pengelola tidak mnyertakan bukti tanda masuk kawasan (tiket) dengan alasan baru-baru ini, ada pergantian petugas. Sehingga, administrasi pengelolaan kawasan dirasa kurang baik.

Sebelum memasuki kawasan wisata Ciparay, kita harus menapaki sekitar 200 anak tangga. karena kawasan ini berada di sebuah lembah di mana di dasar lembah itu mengalir Sungai Cikuluwung memiliki air yang masih jernih, dingin dan sejuk. Dinding-dinding lembah itu adalah kaki Gunung Salak. Kondisi jalan setapak selebar dua meter itu cukup bagus, namun ada beberapa tapak yang berlumut. Oleh karenanya pengunjung tetap harus berhati-hati karena tebingnya cukup curam dan berbelok-belok, di sisi kiri terdapat jurang. Apalagi pagar besi untuk berpegangan tidak tepat berada di sisi jalan setapak tersebut. Dengan demikian, agak sulit untuk diandalkan oleh para pengunjung untuk jadi alat berpegangan saat menapaki jalan. Rata-rata pengunjung yang datang berasal dari kawasan jabodetabek. Jika hari-hari biasa bisa mencapai 50 orang, sementara weekend atau hari libur biasanya sampai mencapai 250 pengunjung. “Pengunjung yang datang kesini bervariasi, mulai dari remaja SMP-SMA sampai rombongan keluarga” Ujar Riki selaku petugas yang sedang bertugas saat itu.

Di tempat ini terdapat beberapa bak berendam di beberapa kamar. Selain itu, air panas juga dialirkan ke delapan pancuran di pinggir Sungai Cikuluwung. Satu pancuran air panas malah berada di ”dinding”  tepi sungai. Para pengunjung setelah bermain air sepuasnya di sungai tersebut bisa segera membilas tubuhnya di bawah pancuran air hangat ataupun sebaliknya. Konon air yang mengalir di sungai memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit, seperti panu, gatal-gatal dan rematik. Oleh karena itu tak jarang banyak pengunjung yang datang untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita. Warung-warung yang terdapat di sekitar kawasan juga bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk bersantai sejenak menikmati pemandangan alam Ciparay.

Pengunjung yang datang ke kawasan ini juga seringkali diberikan peringatan agar berhati-hati saat berada dikawasan, terutama di sungai. Sebab, dikhatirkan terjadi hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung seperti naiknya air sungai saat hujan lebat, badai dll. Pihak pengelola juga menyediakan 3 orang petugas di sekitar kawasan untuk berjaga-jaga apabila sesuatu hal buruk menimpa pengunjung.
Sampai saat ini belum ada rencana penambahan fasilitas di kawasan ini, pihak pengelola berusaha mengoptimlakan potensi yang telah ada. Harapannya, mudah-mudahan adanya kepedulian pemerintah daerah maupun pusat dalam perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana mengingat kawasan ini memiliki potensi yang besar untuk dijadikan kawasan wisata.

Oleh: Rizka Sya’bana Azmi

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top