Jumat, 29 November 2013

25 November, Kadalan Birah Pertama Kali Tercatat di Kampus IPB Dramaga



Bogor (28/11)-- Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (HIMAKOVA) Fakultas Kehutanan IPB kembali mencatat spesies baru dari burung (aves) di kawasan Kampus IPB Dramaga. Setelah pada bulan Agustus 2013 lalu HIMAKOVA pertama kali mencatat keberadaan  Punai Pengantin, kali ini Kelompok Pemerhati Burung (KPB) “Perenjak” HIMAKOVA menemukan burung dari suku Cuculidae berjenis Kadalan Birah (Phaenicophaeus curvirostris) atau yang dalam bahasa Inggris disebut Chesnut-breasted Malhoka.

“Kadalan Birah, selain baru tercatat keberadaannya di Kampus IPB Dramaga, juga baru tercatat keberadaannya di Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) Sukabumi, saat anggota KPB Himakova, melakukan pengamatan burung disana pada tanggal 7 September 2013. Saat itu, Reza Aulia Ahmadi yang menemukan spesies ini dan sempat membuat artikelnya.” kata Arizka Mufida ketua Biro Infokom Himakova
Himakova yang aktif melakukan monitoring burung di Kampus IPB Dramaga, telah mencatat sekitar 90 spesies burung yang ada di Kampus IPB Dramaga. Kadalan Birah ini ditemukan oleh anggota KPB saat melakukan pengamatan di sekitar Kebun Sawit Cikabayan, Kampus IPB Dramaga usai melakukan praktikum Inventarisasi Mamalia pada hari senin tanggal 25 november 2013.

Kadalan Birah termasuk jenis burung yang sulit ditemukan di kampus IPB Dramaga. Sebenarnya pada monitoring KPB sebelumnya, sudah pernah ditemukan spesies ini, namun karena masih sekali ditemukan dan tidak ada dokumentasi, sehingga buktinya masih belum kuat.  Adanya dokumentasi dari Ichy, membantu proses identifikasi dan menjadi bukti otentik adanya spesies ini.” kata Huhammad Fahmi Permana, Ketua KPB Himakova.

Pada saat ditemukan, burung tersebut sedang bertengger dan meloncat-loncat di ranting pohon Sengon dan ditemukan berpasangan.” Kata Richsy M Fauzi, atau yang sering disapa Ichy, anggota KPB Himakova yang menemukan spesies tersebut.
Hal tersebut sesuai dengan literatur menurut MacKinnon et.al (1998), bahwa kebiasaan dari burung Kadalan Birah adalah bertengger pada tajuk pohon dalam waktu yang cukup lama bersama pasangannya atau dalam kelompok keluarga kecil.


“Awalanya saya mengira, burung ini adalah Burung Bubut, namun setelah dilakukan pengambilan foto yang dilanjutkan dengan identifikasi jenis, diketahui bahwa burung tersebut merupakan Kadalan Birah.” Ichy menerangkan.

Kampus IPB Dramaga menjadi habitat beragam jenis burung karena kondisi kampus yang mendukung bagi habitat beragam jenis burung, salah satunya daerah Cikabayan. Kondisi Cikabayan yang mempunyai berbagai vegetasi, diantaranya tegakan karet, sengon, kelapa sawit, padang alang-alang dan vegetasi hutan alam lainnya menjadi faktor utama keberagaman jenis burung di Kampus IPB Dramaga.

Kadalan birah merupakan burung dari suku Cuculidae memiliki ciri-ciri morfologi yang cukup mencolok  dengan warna yang dominan hijau dan merah karat pada seluruh tubuhnya dengan ukuran tubuh 49 cm. Burung ini umum dijumpai di dataran rendah dengan kebiasaan mengunjungi semak belukar, padang alang-alang dan bertengger ditajuk-tajuk pohon kecil bersama pasangannya ataupun dengan keluarga kecil.


Oleh:
Richsy M fauzi
Anggota Kelompok Pemerhati Burung “Perenjak” Himakova

1 komentar:

  1. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar!!!
    #Kagum atas kebesaran-Nya.. :D

    BalasHapus

Copyright © HIMAKOVA | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top